• Ø Pengertian tendensi sentral

Rata-rata (average) adalah nilai yang mewakili himpunan atau sekelompok data. Nilai rata-rata pada umumnya cenderung terletak ditengah suatu kelompok data yang disusun menurut besar/kecilnya nilai, dengan kata lain Nilai rata-rata memiliki kecenderungan memusat.

Menurut J. Suprapto, Ukuran tendensi sentral atau ukuran gejala pusat adalah suatu ukuran yang digunakan untuk mengetahui kumpulan data mengenai sampel atau populasi yang disajikan dalam tabel atau diagram, yang dapat mewakili sampel atau populasi. Bila ukuran tersebut diambil dari sampel disebut statistik dan jika ukuran itu diambil dari populasi disebut parameter.

Tendensi sentral adalah pengukuran aritmatika yang ditujukan untuk menggambarkan suatu nilai yang mewakili nilai pusat atau nilai sentral dari suatu gugus data (himpunan pengamatan).

Beberapa macam ukuran tendensi central, yaitu rata-rata (mean), median, modus, kuartil, desil dan persentil. Tetapi kuartil  desil dan persentil tidak begitu banyak digunakan dalam analisis data.

  1. Mean (rata-rata) adalah jumlah keseluruhan angka dibagi dengan banyaknya angka.
  2. Median adalah suatu nulai yang membagi distribusi data kedalam dua bagian yang sama besar, atau suatu nilai yang membagi 50% frekuensi bagian bawah, sehingga frekuensi yang terdapat diatas sama dengan frekuensi yang terdapat dibawahnya. Bila nilai-nilai tersebut diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar. Median dari sejumlah skor tergantung pada frekuensinya bukan pada variasi nilai-nilainya.
  3. Modus atau mode adalah nilai dari sekelompok data yang mempunyai frekuensi tertinggi dan nilai yang paling banyak terjadi (muncul) dalam suatu kelompok nilai. Modus digunakan apabila ingin memperoleh rata-rata dalam waktu singkat dan meniadakan faktor ketelitian. Modus tidak dapat digunakan sebagai gambaran mengenai data. (Howell, 1982)
  4. Kuartil adalah ukuran yang membagi sekelompok nilai menjadi empat bagian yang sama.
  5. Desil adalah ukuran yang membagi sekelompok nilai menjadi 10 bagian yang sama.
  6. Persentil adalah  ukuran yang membagi sekelompok nilai menjadi 100 bagian yang sama.

Nilai ukuran pusat yang tepat untuk digunakan tergantung pada sifat data, sifat distribusi frekuensi dan tujuan. Jika data bersifat kualitatif, hanya modus yang dapat digunakan. Jika data bersifat kuantitatif, kita dapat menggunakan salah satu dari ukuran nilai pusat tersebut, mean atau median atau modus.

Jadi, Tendensi sentral adalah pengukuran aritmatika yang digunakan untuk mengetahui kumpulan data mengenai sampel atau populasi dan untuk menggambarkan suatu nilai dalam tabel atau diagram, yang dapat mewakili sampel atau populasi.

Daftar Pustaka

Drajan, Anto.1986.Pengantar Metode Statistik Jilid 1.Jakarta:LP3ES

Hartono.2004.Statistik untuk Penelitian.Pekanbaru: Pustaka Pelajar Offset

Supranto,J.2008.Statistik Teori dan Aplikasi.Jakarta: Erlangga