Tahun baru 2011 ini remaja masjid tempat tinggalku, ada acara yaitu sepeda santai ke sangiran. Kami berangkat  sekitar  jam 07.45 dan sampai disana sekitar jam 08.50. sebenarnya jarak dari rumah ke sangiran  tak jauh, karena jalannya yang naik turun, sehingga kami sampai disana agak lama. Sebelum kami  masuk museum, kami menuju bendungan yang terletak tidak jauh dari museum tersebut.

Rasa  capek menyelimuti kaki kami,karena harus berjuang mengayuh sepeda demi menikmati pemandangan yang tersaji didaerah sanngiran.  Ditambah lagi jalan menuju bendungan tersebut naik turun dan jalan aspal yang rusak. L tetapi rasa capek terobati dengan suara air dari bendungan karena kebetulan ini musin penghujan  sehingga debit air pun agak tinggi dan juga sajian sawah yang terbentang mengelilingi bendungan. Sungguh menakjubkan !!

Sekitar jam 11.30 kita baru ke museum sangiran,

Museum Purbakala Sangiran terletak di Desa Krikilan Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Bangunan tersebut bergaya Joglo yang terdiri atas : Ruang Pameran yaitu ruang utama tempat koleksi terdisplay; Ruang Laboraturium yaitu tempat dilakukannya proses konservasi terhadap fosil-fosil yang ditemukan; Ruang Pertemuan yaitu ruang yang digunakan segala kegiatan yang diadakan di museum;Ruang display bawah tanah; Ruang audio visual; Ruang Penyimpanan koleksi fosil-fosil, Mushola dan Toilet. Tiket masuknya pun sangat terjangkau, yaitu :

TIKET MASUK :
– Masuk Kawasan untuk Wisatawan Domestik                      = Rp. 2.000,-
– Masuk Kawasan untuk Wisatawan Mancanegara               = Rp. 7.500,-
– Masuk Museum                                                                            = Rp. 1.000,-
– Ruang Audio Visual (minimal 25 orang)                               = @ Rp. 2.000,-
– Penelitian / Research                                                           = Rp. 50.000,-
– Parkir Kendaraan Roda 2                                                     = Rp. 1.000,-
– Parkir Kendaraan Roda 4                                                     = Rp. 2,000,-
– Parkir Kendaraan Bus / Truk                                                = Rp. 5.000,-

Pergi ketempat wisata ga legkap kalau tidak membeli oleh-oleh, di museum tersebut juga dilengkapi dengan warung-warung yang menjajakn souvenir khas sangiran, seperti gantungan kunci, gelang, patung-patung dan lain sebagainya.