Semut adalah salah satu makhluk Allah SWT yang dikaruniakan beberapa kelebihan dan kecerdasan, barangsiapa yang bisa mencermati apa-apa yang dikaruniakan kepadanya, niscaya dia akan mendapatkan pelajaran berharga dan tanda-tanda kebesaran Allah SWT.

  1. Ketika mencari makanan, mereka keluar bersama-sama dari liangnya. Dan ketika mendapatkan makanan, mereka pun akan membawa makanan tersebut ke liangnya untuk di makan bersama-sama.
  2. Selalu ada dua barisan, barisan pertama adalah barisan yang merayap masuk ke liang membawa makanan, dan barisan kedua adalah barisan yang keluar dari liang untuk mencari makanan tanpa ada yang saling bertabrakan.
  3. Bila merasa berat dalam mengangkat makanannya, maka berkumpullah sekelompok semut untuk saling membantu dalam mengangkatnya.
  4. Bila menemukan makanan, maka temannya yang lain akan segera membantunya.
  5. Bila menemukan makanan bersamaan, maka mereka saling bergotong royong lalu membagi hasilnya di depan pintu liang.
  6. Apabila makanannya adalah biji-bijian yang dapat tumbuh, maka ia akan memotong-motongnya menjadi beberapa bagian.
  7. Apabila makanannya terkena air dan dikhawatirkan akan rusak, maka ia membawanya keluar dan menjemurnya di bawah matahari dan membawanya kembali setelah kering. Oleh karena itulah terkadang kita mendapatkan tumpukan potongan biji-bijian di sekitar liang semut, namun dalam tempo yang tidak begitu lama segera hilang tanpa sisa.

sumber:

http://kreasiopiq.blog.friendster.com/2009/03/7-keistimewaan-semut/