1. Makalah

Makalah adalah karya ilmiah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris objektif. Makalah berupa tugas mata kuliah, saran pemecahan masalah secara ilmiah, hasil penelitian yang dibahas dalam pertemuan ilmiah. Makalah tersebut terdiri dari;

  1. Bagian Awal

1)   Halaman sampul yaitu memuat judul makalah, maksud dituliskannya makalah, nama penulis makalah, tempat dan waktu penulisn makalah.

2)   Daftar isi terdiri dari judul makalah yang ditulis dengan huruf kecil, kecuali awal kata selain kata tugas ditulis dengan huruf besar.

3)   Judul bagian dan judul subbagian dilengkapi nomor halaman, penulisan daftar isi dengan spasi tunggal dan antar bagian 2 spasi.

  1. Bagian Inti

Yaitu berupa isi (materi) yang dibahas dalam makalah. Bagian inti terdiri dari latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penulisan makalah, pembahasan, kesimpulan dan saran.

  • Ø Latar belakang maslah berisi alasan perlunya makalah itu ditulis. Masalah atau topic hendaknya layak dibahas. Masalah tersebut didiskripsikan dalam bentuk perumusan masalah. Tujuan penulisan berkaitan dengan fungsi yang ingin dicapai melalui penulisan makalah.
  • Ø Pembahasan merupakan jawaban dari perumusan masalah. Bagian penutup inti adalah simpulan dan saran.
  1. Bagian Akhir

Berisi daftar pustaka dan lampiran (jika ada)

  1. Proposal Penelitian

Proposal adalah bentuk usulan penelitian yang disusun sebelum dilaksanakannya penelitian. Proposal penelitian terdiri dari bagian awal, bagian inti dan bagian akhir.

  1. Bagian awal terdiri dari judul dan daftar isi.
  2. Bagian inti terdiri dari pendahuluan, landasan teori dan metode penelitian.

1)   Landasan teori berisi tinjauan pustaka, hasil penelitian yang relevan, dan kerangka pemikiran.

2)   Metode penelitian berisi tempat dan waktu  penelitian, bentuk dan strategi penelitian, sumber data, validitas data, dan analisis data.

  1. Bagian akhir terdiri dari daftar pustaka.