Teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat dan secara cepat, terutama dalam hal jaringan computer, salah satu contoh  jaringan computer adalah internet. Internet merupakan teknologi jaringan raksasa yang menjadi realitas dalam kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia di dunia ini. Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti, hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi.

Jejaring sosial adalah masyarakat sosial yang terdiri dari individu atau organisasi yang terikat oleh suatu kepentingan yang sama seperti nilai, visi, teman, dan ide. Banyak sekali situs jejaring sosial yang ada di Indonesia, seperti friendster, facebook, twitter, dan  my space. Situs-situs tersebut di ciptakan untuk memenuhi keinginan individu untuk berkomunikasi tanpa ada batas, baik batas ruang maupun waktu. Sehingga dengan adanya jaringan tersebut seorang individu bebas mengekspresikan dirinya melalui komunitas social yang ada. Banyak dampak yang ditimbulkan, baik dampak negative maupun dampak positif, contoh realita yang ada sebagai dampak negative dari facebook adalah banyak remaja yang hilang atau kabur dari rumah dikarenakan bertemu dengan seseorang yang di kenal melalui jejaring social tersebut. Dan jejaring sosial juga dapat mempengaruhi pola pikir seseorang dan membentuk kepribadian seseorang. Banyak individu yang memanfaatkan jejaring tersebut untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat, seperti online shopping, menjalin relasi bisnis, pencarian informasi, mencari jodoh dan lain sebagainya.

Kemudahan dan penyebaran yang semakin meluas dalam menggunakan situs-situs jejaring sosial, memunculkan banyak  komunitas social dunia maya yang terjalin. Tanpa disadari ataupun tidak, dengan sendirinya mereka akan membentuk suatu kelompok kepentingan yang mungkin membawa keutungan masing-masing. Dengan adanya jejaring sosial, komunitas social akan cepat terbentuk terutama di era globalisasi dan modernisasi seperti saat ini. Tak hanya satu Negara, menjalin komunitas lintas Negara pun bisa, karena dunia maya bersifat luas dan tak terbatas.