Tahun ini FISIP UNS Blogfest 2010 diadakan di aula Fisip, bertepatan dengan hari pahlawan yaitu hari rabu 10 Nopember 2010. Acara tersebut di mulai sekitar pukul 10.15, padahal rencana awalnya acara di mulai pukul 09.45. UNS Blogfest merupakan acara tahunan, dan tahun ini merupakan tahun kedua dari festival blog itu sendiri, di tahun sebelumnya festival blog di adakan di auditorium UNS dengan tema UNS BlogFest 0.9, sedangkan tahun ini bertajuk UNS BlogFest 1.0. peserta yang hadir dalam acara tersebut lumayan banyak sekitar 300 peserta,  tidak hanya mahasiswa Fisip saja yang berpartisipasi dalam acara tersebut mahasiswa dari berbagai fakultas dan mahasiswa internasional pun juga ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Dalam acara UNS Blogfest 2010 ini, sambutan disampaikan oleh Bapak Drs. Son Haji, M.Si, beliau mengatakan bahwa prosentase pengguna internet terutama  blog belum stabil, para blogger sebagaian besar hanya menggunakan blog sebagai media menulis atau menuangkan ide hanya untuk mereka sendiri, belum di share untuk orang lain. Beliau juga mengatakan bahwa lebih bagus lagi blog tersebut di gunakan sebagai forum diskusi atau pun media untuk menuangkan ide atau gagasan sebagai bahan diskusi.

Setelah sambutan selesai, inilah saat-saat yang ditunggu oleh para peserta seminar, yaitu menyaksikan pagelaran wayang, karena bintang tamu pada UNS Blogfest tahun ini yaitu wayang kampung sebelah. Pertunjukan wayang ini dikemas secara modern, bahasa yang digunakan adalah bahasa yang komunikatif dan apa adanya sehingga peserta yang hadir tidak merasa bosan. Dalam pementasan tersebut mengusung tema “tragedi jual beli mimpi” dimana dalam pementasan tersebut bercerita mengenai cita-cita atau mimpi bagi semua orang dan tidak segan-segan menyinggung masalah-masalah sosial yang terjadi saat ini. Salah satunya yaitu: Kita belajar untuk menjadi “orang” bukan hanya untuk semata-mata mencari pekerjaan, kalau kita menjadi “orang” dalam artian kita benar-benar menjadi manusia yang sukses, contohnya : kalau kita benar-benar menjadi orang, apapun godaan yang datang, kita tidak akan goyah, misalnya saja apabila suatu saat nanti kita menjadi seorang pemimpin, kita tidak akan mau menerima suap dari orang lain, tidak tergiur untuk korupsi. Itulah yang dinamakan “jadi orang”. Masih banyak lagi pesan moral yang disampaikan oleh pak dalang, dari kritikan untuk para pejabat, masalah-masalah yang sepele dan lain sebagainya.

Menurut saya, acara tersebut sangat sukses dan menarik, terbukti peserta sangat antusias dan terhibur. Tidak sia-sia mengikuti seminar tersebut, bisa menjadi penghilang stress, karena pementasan wayang tersebut sangat lucu. Di tambah lagi aksi kocak pak Ramdon, dosen sosiologi sekaligus penyelenggara acara, saat membagikan doorprize bagi para blogger yang terpilih. Banyak hadiah yang dibagikan seperti flasdisk, headphone, mouse, dan hadiah utama  berupa modem bagi para pemenang. Dalam festival blog kali ini, ada 3 pemenang yaitu atas nama yudha dari jurusan sosiologi 2010, Siti Rohana (DIII Perpustakaan) dan Geri Indrayana (DIII Periklanan) selamat bagi para pemenang. Dengan di umumkan para pemenang maka acara UNS BlogFest 1.0 di tutup sekitar pukul 13.15.